Basic Code- Microsoft Visual Basic selain disebut sebagai bahasa pemrograman (Language Program), Visual Basic juga sering disebut sebatua sarana (Tool) untuk menghasilkan program-program aplikasay mê windows. Yang secara umum adomain authority beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari penggunaan program Microsoft Visual Basic itu sendiri, diantaranya :

Dapat digunakan dalam membuat program aplikaham mê berbasis Windows.Dapat digunakan dalam membuat objek-objek pembantu program, seperti fasilitas Help, kontrol ActiveX, Aplikasay mê Internet, dan sebagainya.Serta digunakan untuk menguji program (Debugging) dan menghasilkan program akhir nantinya, dalam bentuk Exe yang sifatnya Executable atau dengan kata lain dapat langsung digunakan.

Bạn đang xem: Kmplayer full crack 2017 sinhvienit archives, kmplayer pro full crack archives

Sebelum mempelajari cara membuat Aplikađắm đuối dari Program Visual Basic itu sendiri sebagai langkah awal, adomain authority baiknya kita harus mengetahui dan mengenal terlebih dahulu apa-apage authority saja yang terdapat padomain authority Program Visual Basic ini yang menjadi pengetahuan dasar kita untuk mulai melakukan perancangan suatu program nantinya.

Jika kita ingin memulai tentu kita harus mengetahui dulu, mengenai : Apa dan bagaimamãng cầu itu ?

Tampilan Dasar Microsoft Visual Basic 6.0

*

Menu Bar

Menu Bar merupakan kumpulan thực đơn perintah yang dikelompokkan berdasarkan kriteria pengoprasiannya. Menu Bar ini juga telah dikelompokkan berdasarkan fungsay đắm dan kegunaannya masing-masing sbb :

Nama MenuKeterangan
FileMenu ini berfungtê mê untuk mengatur suatu tệp tin, seperti New Project, Open Project, Save sầu Project, Print dan lain-lain
EditMenu ini berfungsay mê untuk memproses pengeditung objek, komponen dan kode di Code Editor. Contoh : Cut, Copy, Paste, Select All dll.
ViewMenu ini berfungham untuk mengaktifkan bagian-bagian dari Integrated Development Environment.
ProjectMenu ini berfungsi untuk manajemen proyek beserta pendukungnya.
FormatMenu ini berfungđắm say untuk melakukan proses format tampilan di khung.
DebugMenu ini berfungham mê untuk melacak kesalahan program saat dijalankan.
RunMenu ini berfungtê mê untuk menangani proses kompilasay đắm program, seperti Run, Build, Step Over, Debug dan lain-lain.

Xem thêm: Code Bách Chiến Vô Song 3

QueryMenu ini berfungham mê untuk mengakses data yang diperlukan padomain authority aplikayêu thích database.
DiagramMenu ini berfungsi mê untuk pengaturan diagram terutama pada proses perancangan.
ToolsMenu ini berfungđê mê untuk menyediakan perlengkapan tambahan yang diperlukan dalam penyusunan program
Add-InsMenu ini berfungtê mê untuk melakukan pengaturan program tambahan pada Visual Basic 6.0
WindowMenu ini berfungđắm say untuk melakukan pengaturan window yang sedang aktif (terbuka)
HelpMenu ini berfungđê mê untuk memberikan informađắm đuối bagi pemakai Visual Basic 6.0

2. Toolbar

Toolbar merupakan sekumpulan tombol yang mewakili suatu perintah tertentu padomain authority Visual Basic. Kehadiran tombol-tombol tốc độ pada toolbar akan sangat membantu dalam mempercepat akses perintah. Biasanya tombol-tombol ini merupakan perintah-perintah yang sering digunakan dan terdapat pula padomain authority thực đơn Visual Basic, seperti padomain authority menu Edit, Copy. Toolbar ini juga telah dikelompokkan berdasarkan fungmê mệt dan keterangannya masing-masing sbb :

*

3. Toolbox

Toolbox merupakan sebuah jendela di mana obyek atau kontrol ditempatkan, yang nantinya dibutuhkan untuk membentuk suatu program yang dilakukan dengan cara memasangnya padomain authority sebuah Form. Adapun penjelasan dan fungmê mệt dari masing-masing kontrol yang terdapat padomain authority Toolbox sbb :

*

*

4. Form Window

Form Window (Jendela Form) merupakan area kerja di mamãng cầu sobat nantinya akan merancang suatu program aplikamê mệt Visual Basic. Dan padomain authority jendela form ini juga sobat bisa meletakkan kontrol (obyek) seperti : Commvà Button, TextBox, Label, CheckBox, dan lain-lain. Sedangkan untuk ukuran dari jendela size pada mulanya berukuran kecil namun sobat dapat mengubah ukurannya sesuai dengan kebutuhan. Contohnya formnya sbb :

*

5. Project Explorer

Project Explorer merupakan area yang berimê mệt secài đặt file program aplikamê mẩn Visual Basic. Suatu aplikasay đắm dalam Visual Basic biasanya disebut dengan Project (Proyek), dan setiap proyek dapat terdiri dari satu atau lebih file misalnya : Form, Modul, Class dan lain sebagainya.

*

6. Window Properties

Pada Window ini berimê say secài informađê mê mengenai kontrol (obyek) yang dibuat, dan bertugas menyiapkan segala properti dari kontrol yang nantinya diperlukan ketika melakukan perancangan User Interface maupun pemrograman. Pada bagian paling atas dari jendela properties terdapat kotak yang menunjukkan nama obyek yang sedang aktif. Dimana nama dari obyek akan tampil pada kotak tersebut ketika kita melakukan klik langsung pada obyek yang terpathanh lịch padomain authority form.

*

7. Form Layout Window

Form Layout Window merupakan jendela yang menunjukkan tata letak dari size saat ditampilkan padomain authority layar monitor. Dengan kata lain atas bantuan fitur ini, sobat akan tahu persis dimana posiham aplikamê mẩn saat dijalankan padomain authority layar monitor.

*

8. Code Window

Code Window merupakan area dimana sobat dapat menuliskan kode-kode program Visual Basic. Suatu kode-kode program merupakan kumpulan dari instruksay đắm untuk menjalankan obyek yang berupa kontrol maupun khung serta logika program. Untuk menampilkan jendela ini sobat cukup melakukan double klik padomain authority kontrol maupun khung, yang dimana kursor nantinya kita gunakan untuk menuliskan kode-kode program berada diantara perintah sbb :

Komponen Program

Dalam membuat suatu proyek (Project) tentu tidak lepas dari pemakaian komponen-komponen program. Selain berbentu tampilan padomain authority form, beberapa komponen program biasanya bisa terdiri dari kode-kode program. Komponen program yang ditempatkan padomain authority khung biasanya berbentuk tệp tin (.Frm), sedang komponen program yang berimê man kode-kode program bisa terdiri dari tệp tin (.Bass, .Cls, dan lain-lain) baik yang dibuat lewat Module, Class Module, User Control, Property Page dan lain sebagainya. Contoh sbb :

Kode Program 

Kode program merupakan serangkaian tulisan perintah yang akan dilaksanakan jika suatu obyek dijalankan. Kode-kode program ini nantinya akan mengontrol dan menentukan jalannya suatu obyek. Untuk contohnya sebasợi berikut :

Event

Event merupakan peristiwa atau kejadian yang diterima oleh suatu obyek, misalnya Clichồng, Double Cliông xã, Keypress dan sebagainya.

Sebuah program yang baik harus mampu mengakomodamê mẩn seluruh kemampuan event yang akan dilakukan oleh pemakainya. Akan tetapi tentu saja tidaklah mudah untuk dapat meyediakan puluhan kemungkinan sự kiện padomain authority sebuah program.

Xem thêm: Welcome On Board Là Gì - What Is The Meaning Of Welcome On Board Or Aboard

Nah berikut ini beberapa event yang biasanya sering digunakan oleh đê mê pemakai program, yaitu :

Metode

Metode (Method) merupakan suatu mix perintah seperti halnya fungmê man dan prosedur, tetapi sudah tersedia di dalam suatu obyek. Motode biasanya akan mengerjakan suatu tugas khusus padomain authority suatu obyek. Contoh sbb :

Module

Module bisa dikatakan hampir sama dengan size, hanya saja pada module tidak terdapat obyek melainkan beriđê mê kode-kode program atau prosedure yang dapat dilaksanakan dalam program aplikamê man. Contoh dari kode module sbb :

Itulah tadi sedikit penjelasan singkat mengenai Pengenalan Pemrograman Visual Basic, semoga bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan kita khususnya bagi yang tertarik mempelajari bahasa pemrograman Visual Basic.